Perbudakan oleh pikiran

Dari mulai bisa berpikir, kita telah diperbudak oleh pikiran kita sendiri. Anda berpikir bahwa saya begini, saya begitu, namun sebenarnya anda yang sebenarnya tidaklah demikian; itu hanya buah kerja pikiran anda. Apabila anda berpikir; diri saya ingin begini, maka sebenarnya pikiran andalah yang menginginkannya. Anda diperbudak oleh pikiran dan menganggapnya itu adalah keinginan anda. Tentunya ada pertanyaan ; apakah kita yang sebenarnya, bila itu bukanlah pikiran kita ? “cogito ergo sum’ demikian descartes berkata, “saya berpikir karena itu saya ada”. Namun saat saya tidak berpikir pun, saya tetap ada. Benarkah ? pikiran bukanlah anda, pikiran adalah pelayan bagi anda, mengapa selama ini anda mau saja di perbudak olehnya ? “saya berpikir” bukanlah kata yang tepat, namun tepatnya mungkin adalah “pikiran saya” ingin ini dan itu. Lalu bila pikiran bukanlah anda, bukanlah saya, bukanlah kita, maka siapakah kita ? kita adalah kita, pemilik pikiran dan pengendalinya. Master of The Minds. Lalu mengapa anda mau saja dibawa kesana dan kemari oleh pikiran anda saat ini ?

This entry was posted by Arif Susilo.

Leave a Reply

