Runaway or Die

Melarikan diri adalah sifat dasar manusia yang manusiawi sekali. Siapa yang ingin menghadapi bahaya atau masalah apabila ia masih bisa menghindar ? bila kita dihadapkan pada dua pilihan yang sama-sama sulit sudah pasti kita akan memilih yang termudah diantaranya. Itulah yang disebut akal sehat. Benarkah demikian ?

Namun menurut saya tidak demikian adanya. Kita –manusia manusia normal- harus memilih yang tersulit diantara dua pilihan yang sama-sama sulit. Itulah kekuatan kita, kehendak kita, our will. Apabila kita hanya memilih yang mudah-mudah saja maka keberadaan kita kian hari akan kian menumpul. Kebernilaian kita dibuat oleh diri kita sendiri; siapa yang berani maju menghadapi resiko terbesar, dialah yang paling eksis. Memang dari sudut pandang manusia pintar hal ini sangat konyol. Namun bukankah ‘apa yang tidak bisa membunuhmu akan membuat dirimu semakin kuat’?. Well that’s it!

Dalam hidup ini kita selalu dihadapkan pada berbagai pilihan-pilihan yang kadang mudah dan kadang sulit. Pilihlah pilihan yang tersulit. Belajarlah untuk menjadi kuat. Apabila kita melakukannya, takkan ada lagi kekecewaan. Setiap hari adalah proses untuk menjadi semakin kuat dan kuat. Janganlah cari selamat, tapi carilah kekuatan. Demikianlah.

This entry was posted by Arif Susilo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: